BAGIAN 1
|
Teknik
|
|
Pelajaran 1
|
||
Pencapaian Batasan - Acuan Poin dalam
Perhitungan
|
||
Perhitungan dengan
tujuan dalam pikiran
|
||
Petak kunci
dalam permainan akhir Raja dan bidak
|
||
Pertentangan
(oposisi) dan manuver sayap (outflanking)
|
||
Simpanan
senjata posisi
|
||
Ringkasan Gagasan
(ide)
|
||
Catatan
Teoritis: pertentangan, pertentangan jauh, manuver sayap
|
||
Pelajaran 2
|
||
Pengantar Singkat tentang
Perencanaan dalam Permainan Akhir
|
||
Dasar metode
kemenangan
|
||
Mengenali
tujuan jangka panjang
|
||
Mempromosikan
bidak kita
|
||
Menyerang bangunan
(struktur) lawan
|
||
Pelajaran 3
|
||
Permainan Akhir Bidak Capablanca
|
||
Memadukan
perencanaan dengan perhitungan
|
||
Menguasai
posisi kunci
|
||
Membangun
perintang (blok)
|
||
Tempo cadangan
|
||
Petak
berbahaya (kritis)
|
||
Tiga permainan
(game) pelatihan
|
||
Ringkasan Gagasan
(ide)
|
||
Catatan
Teoritis
|
||
Pelajaran 4
|
||
Langkah demi Langkah - Panduan Perencanaan Sederhana
|
||
Mengoptimalkan
perwira
|
||
Memahami
konsep 'rencana sederhana'
|
||
Ringkasan Gagasan
(ide)
|
||
BAGIAN 2
|
Teori Dasar
|
|
Pelajaran 5
|
||
Dasar Permainan Akhir Benteng
|
||
Pertahanan
baris keenam Philidor
|
||
Pertahanan
baris belakang yang pasif
|
||
Geometri jarak
skak
|
||
Pertahanan
sisi-pendek
|
||
Memotong Raja
|
||
Membangun
jembatan
|
||
Ringkasan Gagasan
(ide): Prosedur Pertahanan Sederhana; bidak pada baris kelima; bidak pada
baris keempat
|
||
Catatan
Teoritis: Posisi Lucena dengan bidak-Benteng; Philidor ditolak; bidak-Kuda
pada baris keempat
|
||
Pelajaran 6
|
||
Pertautan Gajah dan Bidak - Pertahanan
Dinamis
|
||
r + p melawans b + p dengan dirintangi bidak
|
||
Perlindungan
oleh Benteng (Fortresses)
|
||
Gagasan posisional
|
||
Penyederhanaan
untuk permainan yang diketahui berakhir remis
|
||
Ringkasan Gagasan
(ide): ‘kokoh’ dan ‘pasif’; perlindungan oleh Benteng
|
||
Pelajaran 7
|
||
Tembok Bidak Melawan Gajah
|
||
Menahan Gajah
dengan rantai bidak
|
||
b + 2p melawans b dengan Gajah berbeda warna
dan bidak berikatan
|
||
Ringkasan
gagasan (ide)
|
||
Penjelasan
permainan: Akobian - Howell
|
||
Catatan
Teoritis: Posisi Lucena dengan bidak-Benteng; Philidor ditolak; bidak-Kuda
pada baris keempat
|
||
Rancangan
pertahanan
|
||
Pelajaran 8
|
||
Menjatuhkan jangkar
|
||
Permainan
akhir Gajah berbeda warna
|
||
Jangkar
|
||
Zugzwang dan
pengorbanan
|
||
Penerobosan
|
||
Psikologi
pertahanan dan serangan
|
||
Penjelasan
permainan: Kramnik - Adams
|
||
Ringkasan
Gagasan (ide)
|
||
Catatan
Teoritis
|
||
Pelajaran 9
|
||
Kembali pada Kenyataan - Permainan
Akhir Perwira-Rendah lainnya
|
||
Gajah berwarna
sama
|
||
Teori b + p melawans b dengan Gajah berwarna sama
|
||
Penguasaan
Gajah
|
||
Penjelasan
permainan: Karpov - Susan Polgar
|
||
Ringkasan
Gagasan (ide)
|
||
Catatan
Teoritis: b + p melawans b
|
||
Pelajaran 10
|
||
Latihan!
|
||
BAGIAN 3
|
Penjelajahan Permainan Akhir
|
|
Permainan praktis
|
||
Permainan
akhir tabiya (posisi akhir dari
pembukaan)
|
||
Penjelajahan Permainan Akhir 1:
|
||
Permainan Akhir Kesukaanku
|
||
r + b melawans r
|
||
Permainan
akhir tabiya (posisi akhir dari
pembukaan)
|
||
Ringkasan
Gagasan (ide)
|
||
Catatan
Teoritis: dua posisi Lolli
|
||
Penjelajahan Permainan Akhir 2:
|
||
Diskusi Panjang dari Permainan Akhir yang Pendek
|
||
Gajah berbeda
warna
|
||
Ringkasan
Gagasan (ide)
|
||
Catatan
Teoritis: temuan penting
|
||
Penjelajahan Permainan Akhir 3:
|
||
Kerangka Serangan Berkekuatan Rendah - Permainan
Akhir dalam Struktur Karlsbad
|
||
Gambit Menteri
Ditolak: Variasi Tukar
|
||
Struktur
penting
|
||
Penjelasan
permainan: Arkell - Kiriakov
|
||
Ringkasan
Gagasan (ide)
|
||
Catatan
Teoritis: serangan berkekuatan rendah; perubahan bentuk
|
||
Penjelajahan Permainan Akhir 4:
|
||
Bidak lebih pada Sayap Menteri
|
||
Bagian 1 - Keuntungan Posisi
|
||
Benteng di
belakang bidak bebas
|
||
Zugzwang
|
||
Penyusupan
|
||
Ringkasan
Gagasan (ide)
|
||
Catatan
Teoritis: Jalur Kopaev; Jalur Alekhine
|
||
Penjelajahan Permainan Akhir 5:
|
||
Bidak lebih pada Sayap Menteri
|
||
Bagian 2 - Berjalan di Tepi
|
||
Posisi
Steckner
|
||
Posisi Dautov
|
||
Posisi
Unzicker
|
||
Posisi
Dvoretsky
|
||
Posisi
Zugzwang
|
||
Posisi Tusuk-Sate
Dautov
|
||
Ringkasan
Gagasan (ide)
|
||
Catatan
Teoritis: lebih jauh tentang posisi Steckner
|
||
Penjelajahan Permainan Akhir 6:
|
||
Ulf dalam Persiapan Pertempuran
|
||
Pengembangan dalam Permainan Akhir
|
||
Andersson - Marovic
|
||
Andersson - Hort
|
||
Andersson - Robatsch
|
||
Andersson - Nyback
|
||
Ringkasan
Gagasan (ide)
|
||
Catatan
Teoritis: Kuda melawan bidak bebas, perintang-L; bidak pada baris ketujuh
|
||
Penjelajahan Permainan Akhir 7:
|
||
Posisi untuk Analisis
|
||
Solusi untuk Latihan
|
||
Tindak Lanjut Solusi
|
||
Pemikiran Akhir
|
||
Daftar Pustaka
|
Sumber
-->
Tidak ada komentar:
Posting Komentar