Kamis, 12 September 2013

Apa yang Dilakukan Tutor di Kelas Catur?

Apakah Anda sudah menyelenggarakan bimbingan belajar (bimbel) catur? Bagaimanakah menyusun silabus yang menjadi pedoman pembelajaran di kelas catur? Apa yang harus dilakukan seorang tutor di kelas catur?

Tentu ada banyak pilihan untuk hal ini, salah satunya dari Rob Brunia dan Cor van Wijgerden dalam buku serialnya Learning Chess – Manual for Chesstrainers.
Keduanya membagi “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran” (RPP) catur ke dalam 5 tahap dan masing-masing tahap didampingi oleh “Lembar Kerja Siswa” (LKS).



Pembelajaran Catur Tahap 1

Pelajaran 1: Papan and buah catur
Pelajaran 2: Cara buah catur melangkah
Pelajaran 3 : Menyerang dan menangkap
Pelajaran 4: Bidak
Pelajaran 5: Bertahan
Pelajaran 6: Skak
Pelajaran 7: Mat (1)
Pelajaran 8: Mat (2)
Pelajaran 9: Rokade
Pelajaran 10: Pertukaran yang menguntungkan
Pelajaran 11: Serangan ganda
Pelajaran 12 : Seri
Pelajaran 13: Mat oleh Menteri
Pelajaran 14: Menangkap oleh en passant
Pelajaran 15: Notasi



Pembelajaran Catur Tahap 2

Pelajaran 1: Aktivitas
Pelajaran 2: Serangan ganda (1)
Pelajaran 3 : Serangan ganda (2)
Pelajaran 4: Pemakuan
Pelajaran 5: Menyingkirkan pertahanan
Pelajaran 6: Tiga aturan pokok
Pelajaran 7: Mat dalam dua langkah
Pelajaran 8: Serangan ganda: Kuda
Pelajaran 9: Mat oleh Benteng
Pelajaran 10: Serangan ganda: Benteng, Gajah, bidak, Raja
Pelajaran 11: Mencari serangan
Pelajaran 12 : Bertahan terhadap mat
Pelajaran 13: Mat oleh Menteri
Pelajaran 14: Menangkap oleh en passant
Pelajaran 15: Notasi pendek



Pembelajaran Catur Tahap 3

Pelajaran 1: Menyelesaikan pembukaan
Pelajaran 2: Mencari skak dan skak ganda
Pelajaran 3 : Menyerang perwira yang dipaku
Pelajaran 4: Mat melalui akses
Pelajaran 5: Petak bidak
Pelajaran 6: Menyingkirkan pertahanan
Pelajaran 7: Bertahan terhadap serangan ganda
Pelajaran 8: Rencana kecil
Pelajaran 9: Seri
Pelajaran 10: Sinar-X
Pelajaran 11: Pembukaan
Pelajaran 12 : Bertahan melawan pemakuan
Pelajaran 13: Kesiapsiagaan untuk bergerak (mobilitas)
Pelajaran 14: Petak kunci (1)
Pelajaran 15: Perwira yang terpaku
Pelajaran 16: Ancaman
Pelajaran 17: Petak kunci (2)



Pembelajaran Catur Tahap 4

Pelajaran 1: Keuntungan pembukaan
Pelajaran 2: Pengganggu
Pelajaran 3 : Pemikat
Pelajaran 4: Penghalang
Pelajaran 5: Berpikir ke depan
Pelajaran 6: Penempatan di depan dan di belakang perwira
Pelajaran 7: Bidak bebas
Pelajaran 8: Menyingkirkan pertahanan
Pelajaran 9: Magnet
Pelajaran 10: Bidak lemah
Pelajaran 11: Keuntungan materi
Pelajaran 12 : Pengejaran dan tujuan
Pelajaran 13: Serangan terhadap Raja
Pelajaran 14: Baris ketujuh
Pelajaran 15: Strategi permainan akhir
Pelajaran 16: Tindakan untuk kejelasan (clearing)
Pelajaran 17: Menteri melawan bidak



Pembelajaran Catur Tahap 5

Pelajaran 1: Materi dan waktu
Pelajaran 2: Mat
Pelajaran 3 : Terobosan
Pelajaran 4: Penggunaan bidak
Pelajaran 5: Gerak maju bidak
Pelajaran 6: Baris ketujuh
Pelajaran 7: Mencari serangan
Pelajaran 8: Pemakuan
Pelajaran 9: Pembukaan
Pelajaran 10: Benteng melawan bidak
Pelajaran 11: Petak kuat
Pelajaran 12 : Pertahanan
Pelajaran 13: Permainan akhir Benteng
Pelajaran 14: Serangan terhadap Raja
Pelajaran 15: Lajur terbuka
Pelajaran 16: Seri


Semoga bermanfaat!

Gens una sumus
Adjie Gumarang Pujakelana 2013


-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...