Jumat, 16 November 2012

Taktik dan Kombinasi

Taktik
Istilah ini merujuk kepada pertempuran saling berhadapan yang berlangsung pada papan catur ketika buah lawan memasuki kontak langsung satu sama lain dengan menyerang dan bertahan. Pada dasarnya, langkah taktis melibatkan ancaman, atau serangkaian ancaman, yang harus segera dijawab oleh lawan. Biasanya berupa rangkaian pemaksaan dan dengan demikian jumlah jawaban pada umumnya terbatas.

Kombinasi
Kombinasi adalah serangkaian langkah taktis yang dimainkan untuk mendapatkan keuntungan (atau mengurangi atau menyusutkan pengaruh buruk atas kerugian). Ini mungkin terjadi dalam rentang waktu satu sampai lebih dari lima belas langkah.

Ada empat jenis utama dari kombinasi:
1. Serangan mat.
2. Kombinasi keuntungan materi.
3. Kombinasi posisional.
4. Kombinasi remis (seri).

Pada tiap jenis kombinasi tersebut terkandung banyak "trik pertukaran" yang membentuk sebagian besar senjata para pemain catur.

Langkah catur yang baik akan memenuhi salah satu dari tiga kategori berikut:
1. Taktis (seperti dijelaskan di atas).
2. Strategis (menebarkan langkah-paksa, disusul perencanaan yang menyeluruh, manuver, dll).
3. Berkekuatan (menghindari skak, menangkap kembali perwira).

Perlu dicatat bahwa serangan mat berhubungan erat dengan kombinasi keuntungan materi dan ide-ide yang digunakan dalam kombinasi keuntungan materi bisa (dan sangat sering) digunakan untuk me-mat-kan Raja lawan. Kombinasi posisional yang dimainkan untuk meningkatkan cakupan terhadap perwira lawan, meletakkan dasar kerja untuk keuntungan materi nanti atau kombinasi mat. Kombinasi remis memang bertujuan untuk mencari hasil remis dan memberikan kesempatan kepada pemain yang tajam bermain taktis untuk merebut game kalah dari pertempuran.

Motif taktis dalam kombinasi
Serangan mat
Keuntungan materi
Posisional
Remis
o  Pola mat
o  Mat mencekik
o  Mat baris belakang
o  Berburu Raja
o  Pengorbanan Gajah klasik
o  Skak ganda dan skak temuan
o  Pengorbanan Benteng ganda
o  Pengorbanan Gajah ganda
o  Serangan pada titik lemah (petak yang dijaga hanya oleh Raja)
o  Memenangi perwira tanpa tertangkap
o  Menghilangkan ancaman
o  Garpu Kuda
o  Tusuk sate dan garpu lainnya
o  Pemakuan
o  Perwira yang berlebihan kerja
o  Perwira putus asa atau ceroboh
o  Promosi bidak
o  Serangan temuan
o  Membuat bidak bebas
o  Pos depan untuk Kuda
o  Benteng pada baris ketujuh
o  Pertukaran untuk memenangi permainan akhir
o  Menghancurkan susunan bidak
o  Pengendalian pusat
o  Mendapatkan dua Gajah
o  Memaksa pertukaran Menteri tepat waktu
o  Jalan buntu
o  Skak abadi
o  Mengurangi kemungkinan permainan akhir remis, seperti: dua Kuda dan Raja melawan Raja,

Sumber:



-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

155733_AbeBooks Logo
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...