Taktik
Istilah ini merujuk kepada pertempuran saling
berhadapan yang berlangsung pada papan catur ketika buah lawan memasuki kontak
langsung satu sama lain dengan menyerang dan bertahan. Pada dasarnya, langkah
taktis melibatkan ancaman, atau serangkaian ancaman, yang harus segera dijawab
oleh lawan. Biasanya berupa rangkaian pemaksaan dan dengan demikian jumlah jawaban
pada umumnya terbatas.
Kombinasi
Kombinasi adalah serangkaian langkah taktis yang dimainkan
untuk mendapatkan keuntungan (atau mengurangi atau menyusutkan pengaruh buruk
atas kerugian). Ini mungkin terjadi dalam rentang waktu satu sampai lebih dari
lima belas langkah.
Ada empat jenis utama dari kombinasi:
1. Serangan mat.
2. Kombinasi keuntungan materi.
3. Kombinasi posisional.
4. Kombinasi remis (seri).
Pada tiap jenis kombinasi tersebut terkandung banyak
"trik pertukaran" yang membentuk sebagian besar senjata para pemain
catur.
Langkah catur yang baik akan memenuhi salah satu dari
tiga kategori berikut:
1. Taktis (seperti dijelaskan di atas).
2. Strategis (menebarkan langkah-paksa, disusul perencanaan
yang menyeluruh, manuver, dll).
3. Berkekuatan (menghindari skak, menangkap kembali perwira).
Perlu dicatat bahwa serangan mat berhubungan erat dengan
kombinasi keuntungan materi dan ide-ide yang digunakan dalam kombinasi
keuntungan materi bisa (dan sangat sering) digunakan untuk me-mat-kan Raja lawan.
Kombinasi posisional yang dimainkan untuk meningkatkan cakupan terhadap perwira
lawan, meletakkan dasar kerja untuk keuntungan materi nanti atau kombinasi mat.
Kombinasi remis memang bertujuan untuk mencari hasil remis dan memberikan kesempatan
kepada pemain yang tajam bermain taktis untuk merebut game kalah dari pertempuran.
Motif taktis dalam kombinasi
Serangan mat
|
Keuntungan materi
|
Posisional
|
Remis
|
o Pola mat
o Mat mencekik
o Mat baris belakang
o Berburu Raja
o Pengorbanan Gajah klasik
o Skak ganda dan skak temuan
o Pengorbanan Benteng ganda
o Pengorbanan Gajah ganda
o Serangan pada titik lemah (petak yang dijaga
hanya oleh Raja)
|
o Memenangi perwira tanpa tertangkap
o Menghilangkan ancaman
o Garpu Kuda
o Tusuk sate dan garpu lainnya
o Pemakuan
o Perwira yang berlebihan kerja
o Perwira putus asa atau ceroboh
o Promosi bidak
o Serangan temuan
|
o Membuat bidak bebas
o Pos depan untuk Kuda
o Benteng pada baris ketujuh
o Pertukaran untuk memenangi permainan akhir
o Menghancurkan susunan bidak
o Pengendalian pusat
o Mendapatkan dua Gajah
o Memaksa pertukaran Menteri tepat waktu
|
o Jalan buntu
o Skak abadi
o Mengurangi kemungkinan permainan akhir remis,
seperti: dua Kuda dan Raja melawan Raja,
|
Sumber:
-->
Tidak ada komentar:
Posting Komentar