Sabtu, 25 Agustus 2012

Perangkap Kieninger

Perangkap Kieninger adalah perangkap dalam pembukaan Gambit Budapest (mengacu kepada Georg Kieninger, seorang Master Internasional Jerman, yang terjadi dalam sebuah pertandingan santai melawan Godai di Wina pada 1925). Ini adalah salah satu perangkap pembukaan yang paling sering terlihat.

Jalur utama dari Gambit Budapest dimulai dengan langkah
     1.d4 Nf6
     2.c4 e5!?
     3.dxe5 Ng4

Hitam telah mengorbankan bidak untuk mengacaukan posisi Putih. Dalam beberapa langkah berikutnya, Hitam mencoba untuk mendapatkan kembali bidak gambitnya, sementara Putih mencoba untuk terus mempertahankannya, setidaknya untuk saat ini:
     4.Bf4 Nc6
     5.Nf3 Bb4

Hitam ingin melanjutkan serangan terhadap e5 dengan ... Qe7, tapi diawali dengan mengembangkan Gajah daripada menghalanginya. Sekarang 6.Nc3 Qe7 7.Qd5?! menggenggam bidak, dapat saja dimainkan, namun Putih lebih suka untuk menghindari bidak susun.
     6.Nbd2 Qe7

Sekarang Hitam mendapatkan kembali bidak dengan meyakinkan, sehingga Putih mencoba untuk mendapatkan keuntungan dari sepasangan Gajah:
     7.a3 Ngxe5!

Sederhananya 7... Bxd2 memungkinkan, namun langkah ini jerat perangkap. Sekarang Putih harus bermain 8.Nxe5 Nxe5! 9.e3! Bxd2 10.Qxd2 dengan keuntungan kecil.
     8.axb4??

Putih, seperti ribuan pemain sebelumnya, jatuh ke dalam perangkap Kieninger.
     8... Nd3 #!

Putih telah Skak Mat. Perhatikan bahwa Menteri Hitam memaku Bidak e Putih di depan Raja, sehingga 9.exd3 tidak sah karena akan menempatkan Raja Putih skak. Juga perhatikan bahwa jika 8.Bxe5 Nxe5 Putih masih belum bisa memainkan axb4 karena Nd3#.

SUMBER: wikipedia.org



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...