Perangkap
Mortimer adalah perangkap dalam pembukaan Ruy Lopez (atas nama James Mortimer).
Perangkap Mortimer adalah perangkap yang sesungguhnya, dalam arti bahwa Hitam
sengaja memainkan langkah remeh untuk mengelabui Putih dan berharap Putih
membuat kesalahan.
Perangkap
dimulai dengan langkah:
1. e4 e5
2. Nf3 Nc6
3. Bb5 Nf6
Hitam
memainkan Pertahanan Berlin terhadap Ruy Lopez. Meskipun Berlin jauh lebih
populer di abad ke-19 daripada di abad ke-20, ini menjadi teori tingkat tinggi
ketika Kramnik menggunakannya sebagai pertahanan utama untuk mengalahkan
Kasparov dalam pertandingan Kejuaraan Dunia tahun 2000.
4. d3
Putih
bermain tenang sebagai alternatif langkah yang lebih umum 4.0-0, 4.d4 atau
4.Nc3 (yang terakhir akan mengubah betuk ke Permainan Empat Kuda). Horowitz dan
Reinfeld menulis bahwa 4.d3 adalah “Langkah Steinitz, yang dengan langkah
tersebut ia mencetak keberhasilan spektakuler selama kekuasaannya yang panjang
sebagai Juara Dunia.” ( Horowitz dan Reinfeld 1954, hal 59)
4.... Ne7
Pertahanan
Mortimer, berniat untuk mengubah rute Kuda ke g6. Ini langkah aneh, kehilangan
waktu dan dengan demikian melemahkan langkah lainnya, tetapi memasang jebakan.
Putih memiliki banyak jawaban yang dapat diterima, namun mencoba untuk
menangkap bidak Hitam di e5 adalah sebuah kesalahan.
5. Nxe5? c6!
Serangan terhadap Gajah Putih dan ancaman 6... Qa5+. Jika
langkah Gajah 6.Ba4 atau 6.Bc4, Hitam menang buah dengan 6... Qa5+, menggarpu
Raja dan Kuda Putih.
6. Nc4
Putih
mencoba yang terbaik, melindungi a5 dan dengan demikian mencegah 6... Qa5, dan
mengancam cekikan Mat dengan 7.Nd6 #.
6.... d6!
7. Ba4 b5
Hitam
menggarpu Gajah dan Kuda Putih, menang perwira dengan mengorbankan dua
bidak.
SUMBER: wikipedia.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar