Sabtu, 25 Agustus 2012

Perangkap Mortimer

Perangkap Mortimer adalah perangkap dalam pembukaan Ruy Lopez (atas nama James Mortimer). Perangkap Mortimer adalah perangkap yang sesungguhnya, dalam arti bahwa Hitam sengaja memainkan langkah remeh untuk mengelabui Putih dan berharap Putih membuat kesalahan.

Perangkap dimulai dengan langkah:
     1. e4 e5
     2. Nf3 Nc6
     3. Bb5 Nf6

Hitam memainkan Pertahanan Berlin terhadap Ruy Lopez. Meskipun Berlin jauh lebih populer di abad ke-19 daripada di abad ke-20, ini menjadi teori tingkat tinggi ketika Kramnik menggunakannya sebagai pertahanan utama untuk mengalahkan Kasparov dalam pertandingan Kejuaraan Dunia tahun 2000.
     4. d3

Putih bermain tenang sebagai alternatif langkah yang lebih umum 4.0-0, 4.d4 atau 4.Nc3 (yang terakhir akan mengubah betuk ke Permainan Empat Kuda). Horowitz dan Reinfeld menulis bahwa 4.d3 adalah “Langkah Steinitz, yang dengan langkah tersebut ia mencetak keberhasilan spektakuler selama kekuasaannya yang panjang sebagai Juara Dunia.” ( Horowitz dan Reinfeld 1954, hal 59)
     4.... Ne7

Pertahanan Mortimer, berniat untuk mengubah rute Kuda ke g6. Ini langkah aneh, kehilangan waktu dan dengan demikian melemahkan langkah lainnya, tetapi memasang jebakan. Putih memiliki banyak jawaban yang dapat diterima, namun mencoba untuk menangkap bidak Hitam di e5 adalah sebuah kesalahan.
     5. Nxe5? c6!


 Serangan terhadap Gajah Putih dan ancaman 6... Qa5+. Jika langkah Gajah 6.Ba4 atau 6.Bc4, Hitam menang buah dengan 6... Qa5+, menggarpu Raja dan Kuda Putih.
     6. Nc4

Putih mencoba yang terbaik, melindungi a5 dan dengan demikian mencegah 6... Qa5, dan mengancam cekikan Mat dengan 7.Nd6 #.
     6.... d6!
     7. Ba4 b5

Hitam menggarpu Gajah dan Kuda Putih, menang perwira dengan mengorbankan dua bidak. 

SUMBER: wikipedia.org


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...