Minggu, 26 Agustus 2012

Perangkap Légal


Perangkap Légal atau Perangkap Blackburne – juga dikenal sebagai Pengorbanan Palsu Légal (Légal Pseudo-Sacrifice) dan Mat Légal – adalah perangkap pembukaan yang ditandai dengan pengorbanan Menteri diikuti oleh Skak Mat dengan buah-buah ringan jika Hitam menerima pengorbanan. Perangkap ini atas nama Sire de Légal (1702-1792), pemain Perancis dan Joseph Henry Blackburne (1841-1924), seorang master Inggris, salah satu pemain terkuat di dunia pada paruh kedua abad ke-19.

Ada sejumlah cara perangkap yang dapat timbul, salah satunya adalah:

     1. e4 e5
     2. Nf3 Nc6
     3. Bc4 d6

Sementara 3... d6 adalah jawaban yang dimainkan dalam Permainan Italia, agak pasif, dan berpindah ke jalur Pertahanan Philidor.

     4. Nc3 Bg4?!

Hitam ternyata memaku Kuda dalam perjuangan di tengah. Strategis, ini adalah ide yang baik, tetapi ada cacat taktis dengan langkah itu.

     5. h3

Dalam posisi ini 5.Nxe5? akan menjadi perangkap yang tidak sehat. Sementara Menteri putih masih tidak dapat diambil (5... Bxd1?? ) tanpa mengalah untuk Skak Mat dalam dua langkah, 5... Nxe5 akan memberikan Kuda (pada pion). Sebaliknya dengan 5. h3, Putih "memberikan pertanyaan" kepada Gajah mana yang baik: harus mundur pada diagonal c8 – h3, menangkap Kuda, ditangkap, atau seperti dalam permainan ini, pindah ke petak yang tidak aman.

     5.... Bh5?

Hitam tampaknya mempertahankan pemakuan, tapi ini adalah kesalahan taktis dengan setidaknya kehilangan bidak. Relatif terbaik adalah 5... Bxf3, menyerahkan sepasang Gajah, dan memberi Putih suatu kenyamanan dalam memimpin pengembangan, tetapi menjaga kesetaraan materi. 5... Be6? juga mungkin.

     6. Nxe5!

Taktis sanggahan. Putih tampaknya mengabaikan pemakuan, dan menyerahkan sang Menteri. Tentu saja yang terbaik bagi Hitam sekarang adalah bermain 6... Nxe5, 7.Qxh5 Nxc4 dimana dengan 8.Qb5 diikuti oleh 9.Qxc4, Putih menyisakan sebuah bidak di depan, tapi Hitam setidaknya bisa bermain. Sebaliknya, jika Hitam mengambil Menteri, Putih Skak Mat dalam dua langkah

     6.... Bxd1??
     7. Bxf7 Ke7
     8. Nd5# Mat

Posisi terakhir adalah Mat murni, yang berarti bahwa untuk masing-masing dari delapan petak di sekitar Raja Hitam, ada tepat satu alasan Raja tidak bisa pindah ke sana.





Hal-hal lain yang perlu diingat:


Secara umum, permainan apapun yang memiliki Kuda di e5 dan berakhir dengan langkah Bxf7 Ke7 Nd5# akan disebut Mat Légal. Membuat "perangkap" dengan memikat Gajah pada g4 atau h5 dalam menangkap Menteri d1 adalah tidak benar-benar diperlukan. Agar langkah terakhir dapat Skak Mat tentunya yang diperlukan Hitam adalah memiliki buah-buah pada petak d6, d8 dan f8, dan Hitam tidak memiliki buah yang menyerang petak d5.

Kadang-kadang Mat dapat diatur oleh buah yang berbeda. Permainan ini berasal dari Pertahanan Petrov dan sudah sangat tua:

     1. e4 e5
     2. Nf3 Nf6
     3. Nxe5 Nc6?!
     4. Nxc6 dxc6
     5. d3 Bc5
     6. Bg5? Nxe4
     7. Bxd8?? Bxf2
     8. Ke2 Bg4 #

Mat semacam ini, di mana tampaknya memaku langkah Kuda, memungkinkan menangkap sang Menteri namun mengarah ke Skak Mat dengan Kuda dan Gajah kadang terjadi dalam permainan tingkat rendah, namun untuk tingkat master biasanya tidak terjatuh di situ. Menurut Bjerke, Perangkap Légal yang menjerat pemain yang tidak waspada tak terhitung jumlahnya. Tercatat bahwa perangkap ini muncul ratusan kali selama tur tahunan.

SUMBER: wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...