Perangkap
Lasker adalah perangkap pembukaan dalam Gambit Tandingan/Balasan Albin.
Atas nama Emanuel Lasker, meskipun tercatat pertama kali dilakukan oleh
Serafino Dubois (Hooper & Whyld 1996, hal 219).
Gambit
Tandingan/Balasan Albin dimulai dengan langkah
1.
d4 d5
2.
c4 e5
3.
dxe5 d4
Bidak hitam di
d4 lebih kuat dari yang terlihat.
4.
e3?
Ceroboh. Biasanya
dan lebih baik adalah 4.Nf3.
4....
Bb4
5.
Bd2 dxe3!
Sekarang
pilihan terbaik Putih adalah menerima bidak dua kali lipat dengan 6.fxe3.
6.
Bxb4?
Sebuah blunder,
masuk Perangkap Lasker. Dalam sebuah permainan konsultasi di Moskow 1899,
Blumenfeld, Boyarkow, dan Falk bermain Putih melawan Lasker mencoba 6.Qa4+?,
tapi menang Hitam setelah langkah ini juga. Permainan berlanjut 6... Nc6 7.Bxb4
Qh4 8.Ne2 Qxf2 9.Kd1 Bg4 10.Nc3 0-0-0 12.e6 fxe6 11.Bd6 cxd6 13.Kc1 Nf6 14.b4
d5 15.b5 NE5 16. cxd5 Nxd5 17.Qc2 Nb4 18.Nd1 Nxc2 Rd2 19.Nxf2 Putih menyerah.
Encyclopedia of Chess
Openings (volume D ) memberikan 6.fxe3
sebagai langkah yang relatif terbaik. Hitam mendapat keuntungan sedikit, tapi
Putih telah menghindari yang terburuk dan bisa bertahan.
6....
exf2
Sekarang 7.Kxf2
akan kehilangan Menteri sampai 7... Qxd1, sehingga Putih harus bermain 7.Ke2.
7.
Ke2 fxg1 = N+!
Di ambang promosi adalah kunci untuk menjebak. Sebaliknya 7... fxg1=Q 8.Qxd8 Kxd8 9.Rxg1 bagus juga untuk Putih. Sekarang 8.Rxg1 Bg4 menusuk sate Menteri Putih, sehingga Raja harus bergerak lagi.
8.
Ke1 Qh4
Jika Putih
mencoba 9.g3 maka garpu 9... Qe4 menangkap Benteng di h1.
9.
Kd2 Nc6
Putih tersesat. Setelah 10.Bc3 Bg4 diikuti
oleh 11... 0-0-0 adalah penghancuran.
SUMBER: wikipedia.org
Hebat
BalasHapus