Minggu, 30 Juni 2013

Persiapan Sebelum Bertanding

Di sana-sini kita mendengar berbagai macam hal tentang "persiapan di rumah", tetapi bagaimana grandmaster mempersiapkan diri untuk permainan mereka dalam kehidupan nyata? Tahap pra-pertandingan sering kali sama pentingnya dengan permainan itu sendiri. Jadi apa cara yang paling efisien untuk mempersiapkan pertandingan catur Anda berikutnya?
Katakanlah Anda telah melihat pemasangan pemain (pairing) untuk hari berikutnya dan menemukan siapa lawan Anda. Orang yang berbeda memiliki pendekatan yang berbeda terhadap tahap persiapannya. Mari kita tinjau persiapan yang utama.

1.        Persiapan di malam hari
Setelah kembali dari ajang permainan, Anda lanjutkan kegiatan catur dengan mempersiapkan diri untuk pertandingan berikutnya. Keesokan paginya Anda cukup dengan menyegarkan dan menghafal variasi yang telah Anda pilih sebelumnya.
Kelebihan  :    kepala Anda tidak akan terlalu lelah sebelum pertandingan.
Kelemahan:    persiapan membutuhkan banyak energi.
Di malam hari Anda mungkin akan kelelahan dan melupakan sesuatu. Selain itu, akan mencegah Anda untuk beristirahat secukupnya, yang dapat mempengaruhi kinerja Anda pada babak selanjutnya.

2.      Persiapan di pagi hari
Sebagian besar persiapan dilakukan di pagi hari sedangkan pada malam sebelum pertandingan Anda luangkan waktu untuk melihat sekilas profil lawan.
Kelebihan  :    Anda dapat beristirahat dengan baik seusai pertandingan.
Kelemahan:    kepala Anda mungkin kelelahan di pagi hari dan terganggu selama pertandingan.
Juga kadang-kadang persis menjelang suatu babak, Anda menyadari bahwa variasi tertentu tidak berjalan lancar (cacat) dan tidak punya waktu untuk memperbaikinya.

3.      Penggabungan persiapan: di malam hari dan di pagi hari
Pilihan ini paling cocok bagi penggila catur dengan keadaan fisik yang sangat baik.
Kelebihan  : dengan menggunakan banyak waktu Anda mempersiapkan diri untuk mengenal lawan Anda dengan baik dan memilih variasi secara optimal.
Kelemahan : siapa pun mungkin akan kelelahan secara mendadak dan dapat mempengaruhi hasil Anda secara keseluruhan secara negatif.

Ada satu lagi "rahasia" pilihan, yaitu secara sadar pasrah dalam mempersiapkan diri sebelum pertandingan. Hal ini dapat dilakukan untuk sejumlah alasan: ketika lawan Anda diketahui dapat bermain dengan segala macam jalur (lawan tak terduga), ketika Anda sakit/kelelahan dan tidak dapat menghabiskan energi yang berharga untuk hal apa pun. Tidak peduli apa alasannya, tujuannya biasanya sama, yaitu agar memiliki "kepala segar" selama pertandingan.

Penting untuk dicatat bahwa penentuan waktu dan tingkatan persiapan bergantung pada keadaan terbaik (wellbeing) Anda. Jika Anda bugar, terdorong, dan bersedia untuk belajar maka lanjutkan. Jika Anda lelah, kecewa, sakit, sangatlah penting untuk tidak memaksakan diri.
Setelah memainkan beberapa turnamen, orang-orang biasanya dapat merasakan apa yang paling cocok untuknya. Misalnya, pilihan pribadi saya adalah pilihan nomor 2. Juga, karena agak rapuh, saya berusaha tidak menghabiskan lebih dari dua jam dalam mempersiapkan diri, kalau tidak begitu akan merugikan permainan saya.

Pertanyaan berikutnya yang terlontar ke dalam pikiran adalah "Bagaimana cara saya mempersiapkan diri untuk sebuah game?"
Berikut ini tinjauan singkatnya:
1.  Amati permainan lawan dengan menggunakan database catur atau (setidaknya) game-game dari turnamen – biasanya tersedia secara online. Curahkan perhatian terhadap pembukaan-pembukaannya. Usahakan untuk memahami posisi apa yang lebih dia sukai dan yang buruk dia mainkan. Jika Anda memiliki cukup waktu, usahakan untuk menyusun dokumen lengkap tentang dia (psikologi, kelemahan dan kekuatan dalam bermain catur, perkembangan permainan catur saat ini, keadaan fisik, motivasi, manajemen waktu, dll.).
2.  Bergantung pada berbagai faktor (situasi turnamen, gaya lawan, keadaan terbaik Anda sendiri), Anda dapat memilih variasi pembukaan (atau beberapa di antaranya, bergantung pada seberapa luas khazanah/repertoire pembukaan lawan).
3.    Jika diperlukan, pelajari variasi tersebut secara lebih rinci, usahakan untuk menemukan gagasan-gagasan baru.
4.  Berlatihlah jalur-jalurnya sebelum pertandingan (biasanya semakin tinggi tingkatan pemain, semakin lama waktu yang dibutuhkan).

Tentu saja, semakin baik persiapan yang Anda lakukan untuk suatu turnamen, semakin sedikit waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan rumah Anda selama ajang tersebut. Namun, banyak pemain profesional yang malas atau terlalu sibuk berpetualang dari satu turnamen ke turnamen lainnya, sehingga mereka harus mengejar ketertinggalan dalam hal teori catur pada tiap babaknya.

Narasumber:
 4147855 Pogonina, Natalija
 Federation Russia
 FIDE title Woman Grand Master
 Rating:
std.
2488
rapid
2404
blitz
2427
 B-Year 1985
 Sex Female



-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...