Sabtu, 01 Juni 2013

Posisi Awal Chess960

Jika Anda semakin tertarik dan semakin bergairah setelah bermain catur acak Chess960, tentu Anda akan merasakan bahwa rokade (meskipun ada kemiripan dengan catur tradisional, catur normal) pada catur acak memiliki keistimewaan posisi tersendiri. Kemudian, sebagai pemain pemula pada catur acak yang sudah terlanjur akrab dengan catur tradisional, Anda mulai menagih tentang ‘strategi’ bermain Chess960.

Sehubungan dengan Chess960 terdapat empat penafsiran (interpretasi) yang layak diperhatikan:
o   Tidak terlalu mengherankan jika 'strategi chess960' sering diartikan sama dengan 'strategi pembukaan chess960'. Pertama, karena perbedaan utama antara catur tradisional dan chess960 adalah dalam tahap pembukaan; kedua, karena 'strategi pembukaan' juga merupakan misteri bagi pemain pemula catur tradisional. Dalam hal ini akan kita temukan tujuan pembukaan, seperti pengembangan perwira, perhatian terhadap pusat, dan sebagainya.
o   Setelah unsur-unsur dalam strategi pembukaan, langkah berikutnya adalah memperlakukan setiap unsur sebagai topik yang terpisah. Apakah 'pengembangan perwira' berarti ketika perwira itu mulai berada pada petak yang berbeda? Bagaimanakah 'perhatian terhadap pusat' berlaku pada posisi awal tertentu? Dan seterusnya.
o   Setelah pertimbangan 'strategi chess960' diterapkan dalam pembukaan maka konsep itu mewarnai prinsip-prinsip yang berlaku dalam permainan tengah dan permainan akhir. Hal ini dapat menjadi perluasan dari tujuan-tujuan dalam pembukaan karena semuanya juga berlaku sepanjang permainan – dilengkapi dengan strategi-strategi umum yang terwujud dalam tindakan setelah perwira dikembangkan. Misalnya, serangan terhadap Raja yang telah rokade, manuver di sekitar pusat yang terhalangi, dan seterusnya.
o   Setelah serangkaian langkah tertentu dan strategi umum maka langkah berikutnya adalah menguji strategi tertentu dengan menggunakan contoh-contoh konkret. Dalam hal ini kita menemukan contoh rinci dari permainan sesungguhnya yang ditunjukkan dengan 'serangan terhadap Raja yang telah rokade' atau 'manuver di sekitar pusat yang terhalangi', dan sebagainya.

Nah, dengan demikian ‘strategi bermain Chess960’ dapat dimulai pada pembukaannya dengan mengenali 960 bentuk posisi awal (Start Position, SP) dalam permainan catur acak ini.
Seperti apa bentuknya? Berikut ini penulis tampilkan SP 000 sampai dengan SP 004.

SP 000

SP 001

SP 002

SP 003

SP 004

Posisi awal selengkapnya (dalam bentuk FEN) dapat Anda unduh di sini.
Generator untuk menampilkan diagram dari setiap posisi awal dapat Anda buat di sini.
Jika Anda ingin menambah wawasan tentang Chess960 dapat Anda jelajahi blog ini.


-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...