Selasa, 18 Juni 2013

Pembukaan: Pertahanan Prancis #2 Variasi Tukar


Variasi Tukar: 3.exd5 exd5

Banyak pemain yang memulai permainan dengan 1.e4 menemukan bahwa Pertahanan Perancis adalah pembukaan yang paling menyulitkan karena bangunannya yang tertutup dan strategi yang khas dari sistemnya. Dengan demikian, banyak pemain memilih untuk melakukan pertukaran sehingga posisinya menjadi sederhana dengan tebang habis. Putih tidak berupaya untuk memanfaatkani keuntungan sejak langkah pertama, jalur ini sering dipilih sejalan dengan harapan segera berakhir seri, dan memang sering kali seri terjadi jika tidak ada pihak yang mematahkan kesimetrian. 

Contoh ekstrim dapat digambarkan oleh game berikut ini. (Perhatikan mulai langkah keempat.)



Meskipun susunan bidak yang simetris, Putih tidak bisa memaksakan hasil imbang. Obsesi untuk memperoleh kemenangan terkadang membuat malu Putih, seperti dalam game berikut ini. (Perhatikan mulai langkah keempat.) 


Contoh yang kurang ekstrim ada dalam game berikut ini. Permainannya terbuka dan mengarah ke hasil seri tetapi ditaklukkan oleh Short dalam 42 langkah.


Untuk menciptakan peluang kemenangan yang sesungguhnya, Putih sering memainkan c2-c4 pada tahap tertentu untuk menekan bidak-d5 Hitam. Hitam dapat menangkap bidak Menteri Putih yang terasing di c4 tetapi dengan demikian para perwira Putih mendapatkan kebebasan yang lebih besar, yang dapat menyebabkan peluang serangan. Hal ini terjadi dalam jalur 3.exd5 exd5 4.c4 (dimainkan oleh GM Normunds Miezis dan Maurice Ashley) dan 4.Nf3 Bd6 5.c4 yang dapat berubah urutan ke Pertahanan Petroff. Sebaliknya, jika Putih menolaknya, Hitam dapat memainkan ... c7-c5, misalnya 4.Bd3 c5 seperti game Tatai-Korchnoi di atas.

Jika c2-c4 tidak dimainkan, Putih dan Hitam memiliki dua pengaturan utama perwira. Putih dapat menempatkan para perwiranya dengan Nf3, Bd3, Bg5 (memaku Kuda Hitam), Nc3, Qd2 atau Kuda Menteri bisa melangkah ke d2 sehingga Putih dapat mendukung pusat dengan c3 dan mungkin memainkan Qb3. Sebaliknya jika Kuda Menteri di c3, Kuda Raja dapat melangkah ke e2 agar Gajah dan Kuda lawan dapat diusir dari petak kunci e4 dan g4 oleh f3. Dengan Kuda di c3 sesuai dengan strategi tersebut, Putih dapat memilih rokade pendek maupun panjang. Posisi tersebut sangat simetris dengan pilihan dan strategi yang sama untuk kedua belah pihak.

Ketidakseimbangan posisi untuk Putih atau Hitam adalah rokade ke arah yang berlawanan. Contoh dari hal ini adalah jalur 4.Bd3 Nc6 5.c3 Bd6 6.Nf3 Bg4 7.0-0 Nge7 8.Re1 Qd7 9.Nbd2 0-0-0.

Berikut ini langkah-langkah dari Pertahanan Prancis dalam Variasi Tukar dan game-game yang telah dimainkan (dalam bentuk PGN) yang dapat Anda unduh.




-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...