Rabu, 19 Juni 2013

Pembukaan: Pertahanan Prancis #3 Variasi Winawer

Variasi Winawer: 3.... Bb4

Variasi yang diatasnamai Szymon Winawer dan dipelopori oleh Nimzowitsch dan Botvinnik ini merupakan salah satu sistem utama dalam Pertahanan Prancis karena (terutama pada tahun 1940-an) menjadi jawaban yang paling sering terlihat terhadap 3.Nc3, meskipun pada tahun 1980-an Variasi Klasik dengan 3.... Nf6 mulai bangkit dan sejak itu menjadi lebih populer.

3.... Bb4 memaku Kuda di c3, memaksa Putih untuk memecahkan ketegangan pusat. Putih biasanya menjernihkan situasi pusat pada saat ini dengan 4.e5, mendapatkan ruang dan berharap dapat menunjukkan bahwa Gajah Hitam di b4 itu salah tempat. Jalur utama selanjutnya adalah: 4.... c5 5.a3 Bxc3+ 6.bxc3 yang menghasilkan posisi dalam diagram berikut ini.
Walaupun Putih memiliki bidak susun pada sayap Menteri (yang membentuk dasar ancaman Hitam), mereka juga dapat membantu Putih karena mereka memperkuat pusat dan menjadikan lajur-b setengah-terbuka. Putih memiliki keuntungan ruang pada sayap Raja, karena Hitam malah lebih lemah setelah menukarkan Gajah gelapnya. Kombinasi sepasang Gajah memberikan peluang serangan Putih, dengan demikian Putih harus berupaya untuk memanfaatkannya sebagai aspek penting jangka panjang terhadap susunan bidak yang mendukung Hitam.

Dalam posisi pada diagram tersebut Hitam sering kali memainkan 6.... Ne7. (Alternatif utamanya adalah 6.... Qc7 yang dapat dengan mudah berubah urutan ke jalur utama setelah 7.Qg4 Ne7, tetapi Hitam juga memiliki pilihan 7.Qg4 f5 atau ... f6.) Selanjutnya Putih dapat memanfaatkan ketiadaan Gajah gelap Hitam dengan memainkan 7.Qg4, memberikan Hitam dua pilihan: mengorbankan bidak sayap Rajanya dengan 7.... Qc7 8.Qxg7 Rg8 9.Qxh7 cxd4 tetapi menghancurkan pusat Putih sebagai imbalannya (yang disebut "Variasi Bidak Beracun") atau memainkan 7.... 0-0 8.Bd3 Nbc6 yang menghindari penyerahan materi tetapi meninggalkan Raja pada sayap yang menjadi arah serangan Putih. Para ahli menggunakan jalur 7.Qg4 termasuk Judit Polgar.

Jika kerumitan (complications) taktis 7.Qg4 tidak sesuai dengan selera Putih maka 7.Nf3 dan 7.a4 adalah alternatif posisional yang baik.

7.Nf3 adalah langkah pengembangan yang alami, Putih biasanya melanjutkannya dengan mengembangkan Gajah terangnya  ke d3 atau e2 (kadang-kadang ke b5) dan rokade ke sayap Raja. Ini disebut Variasi Maju Winawer. Jalur ini sering kali berlanjut 7.... Bd7 8.Bd3 c4 9.Be2 Ba4 10.0-0 Qa5 11.Bd2 Nbc6 12.Ng5 h6 13.Nh3 0-0-0. Penilaiannya tidak jelas tetapi kemungkinan besar Hitam akan dianggap "nyaman" dalam hal ini.

Tujuan di balik 7.a4 terdiri dari tiga bagian: menyiapkan Bc1-a3, mengambil keuntungan dari ketiadaan Gajah gelap Hitam, mencegah Hitam memainkan ... Qa5-a4 atau ... Bd7-a4 yang menyerang c2, dan jika Hitam memainkan ... b6 (diikuti oleh ... Ba6 untuk menukarkan Gajah buruknya) maka Putih dapat memainkan a5 untuk menyerang bidak-b6.

Berikut ini langkah-langkah dari Pertahanan Prancis dalam Variasi Winawer dan game-game yang telah dimainkan (dalam bentuk PGN) yang dapat Anda unduh.








-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...