Sabtu, 22 Juni 2013

Pembukaan: Pertahanan Prancis #6 Variasi Maju

Variasi Maju: 3.e5

Jalur utama Variasi Maju berlanjut dengan 3.... c5 4.c3 Nc6 5.Nf3 dan berikutnya kita mendapatkan titik cabang:

5.... Qb6, gagasannya adalah meningkatkan tekanan terhadap d4 untuk merusak pusat Putih. Menteri itu juga menyerang petak b2, sehingga Gajah gelap Putih tidak dapat dengan mudah membela bidak-d4 tanpa kehilangan bidak-b2.
Jawaban Putih yang paling umum adalah 6.a3 dan 6.Be2.
6.a3 jalur yang paling penting dalam Variasi Maju ini: menyiapkan 7.b4 untuk mendapatkan ruang pada sayap Menteri. Hitam dapat mencegahnya dengan 6.... c4 dengan maksud untuk mengambil en passant jika Putih memainkan b4, yang akan menjadikan permainan tertutup di mana Hitam berjuang keras untuk mengendalikan petak-b3.
Di sisi lain Hitam dapat melanjutkan pengembangan dengan 6.... Nh6 dengan maksud ... Nf5, yang mungkin tampak aneh karena Putih dapat menjadikan bidak susun dengan Bxh6, tetapi hal ini sebenarnya dianggap baik untuk Hitam. Hitam dapat memainkan ... Bg7 dan ... 0-0 sehingga Raja Hitam memiliki pertahanan yang memadai dan Putih akan merindukan Gajah gelapnya yang tampak 'buruk' itu.
6.Be2 adalah alternatif lain yang bertujuan sekadar untuk rokade.
Sekali lagi, jawaban umum Hitam adalah 6.... Nh6 dengan maksud 7.... cxd4 8.cxd4 Nf5 menyerang d4. Ketika Kuda Raja mencapai f5 dari h6, akan ada tiga perwira dan sebuah bidak yang menyerang petak d4 sedangkan yang membelanya hanya Nf3, bidak-c3, dan Qd1. Seperti disebutkan, Gajah gelap Putih tidak dapat menyelamatkannya karena bidak-b2 akan jatuh. Dengan demikian Putih harus merencanakan pencegahan penyakit (prophylactically) dan menjawab 6.... Nh6 dengan 7.Na3 untuk mempersiapkan pembelaan terahadap bidak-d4 dengan Nc2.

5.... Bd7 merujuk kepada Gioacchino Greco pada awal tahun 1620 lalu dihidupkan kembali dan dipopulerkan oleh Viktor Korchnoi pada tahun 1970-an. Dalam jalur utama, gagasan di balik langkah ini adalah karena cepat atau lambat Hitam akan memainkan ... Bd7, sehingga Hitam langsung memainkannya dan menunggu Putih untuk menunjukkan “kartunya” (show his hand). Jika putih memainkan 6.a3 dalam jawabannya, teori modern mengatakan bahwa Hitam setara atau lebih baik setelah menjawabnya dengan 6.... f6!
Jalur yang rumit (complex), tetapi titik utamanya adalah bahwa langkah a3 itu sia-sia jika Menteri Hitam tidak di b6 dan Hitam juga dapat menggunakan kelebihan tempo untuk langsung menyerang pusat Putih.

Ada strategi alternatif untuk 3.... c5 yang sudah teruji pada awal abad ke-20, yaitu 3.... b6 dengan maksud untuk fianchetto Gajah buruk dan dapat berubah urutan (transpose) ke Pertahanan Owen atau 3.... Nc6 (dimainkan oleh Carlos Guimard) dengan maksud untuk menjaga Gajah buruk di c8 atau d7 yang pasif dan mendapat sedikit ancaman balik (counterplay).

Juga memungkinkan 4.... Qb6 5.Nf3 Bd7 dengan maksud 6.... Bb5 menukarkan Gajah Menteri yang "buruk".

Berikut ini langkah-langkah dari Pertahanan Prancis dalam Variasi Maju dan game-game yang telah dimainkan (dalam bentuk PGN) yang dapat Anda unduh.




-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...