Kamis, 13 Juni 2013

Pembukaan: Gambit Menteri #1

Gambit
Gambit (dari bahasa Italia kuno gambetto, yang berarti "sandungan" - tripping) adalah pembukaan di mana pemain (paling sering Putih) mengorbankan materi (biasanya bidak) dengan harapan tercapai suatu posisi yang menguntungkan.

Beberapa contoh terkenal di antaranya: Gambit Raja, Gambit Menteri, dan Gambit Evans.
Gambit dapat pula digunakan oleh Hitam, misalnya Gambit Latvia atau Gambit Englund, tetapi kadang-kadang disebut gambit tandingan (countergambit), misalnya Countergambit Albin dan Countergambit Greco (nama kuno untuk Gambit Latvia).

Kata "gambit" mulai digunakan dalam pembukaan pada tahun 1561 oleh pendeta Spanyol, Ruy López de Segura, dari ungkapan orang Italia: dare il gambetto (menaruh kaki ke depan orang yang sedang berjalan). López mempelajari manuver ini, sehingga dari ungkapan Italia tersebut diperoleh bentuk dalam bahasa Spanyol gambito dan akhirnya memunculkan istilah gambit Perancis, yang telah mempengaruhi ejaan Inggris dari kata itu.

Pengertian yang luas tentang "langkah pembukaan dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan" pertama kali tercatat dalam bahasa Inggris pada tahun 1855.


Gambit Menteri
GambitMenteri adalah pembukaan catur yang ditandai dengan langkah:
1. d4 d5
2. c4

Gambit Menteri adalah salah satu pembukaan yang tertua, sebagaimana tercantum dalam naskah Góttingen pada tahun 1490. Kemudian dianalisis oleh para master, di antaranya Gioachino Greco, pada abad ketujuh belas. Selama periode awal catur modern, Pembukaan Bidak Menteri tidak populer dan Gambit Menteri tidak banyak digunakan hingga tahun 1873 dalam turnamen di Wina.

Dengan pengembangan teori catur oleh Steinitz dan Tarrasch dan meningkatnya apresiasi terhadap permainan posisional, Gambit Menteri tumbuh lebih populer (mencapai puncaknya pada tahun 1920-an dan 1930-an) dan dimainkan di semua tempat kecuali 2 dari 34 game dimainkan dalam pertandingan Kejuaraan Dunia tahun 1927 antara José Raúl Capablanca dan Alexander Alekhine.

Setelah Perang Dunia II, pembukaan ini agak kurang terlihat karena banyak pemain Hitam menghindari pembukaan yang simetris dan cenderung menggunakan Pertahanan India dalam melawan pembukaan bidak Menteri.

Gambit Menteri masih sering dimainkan dan tetap merupakan bagian penting dari repertoar pembukaan banyak grandmaster.


Jenis-jenis Gambit Menteri
Jenis Gambit Menteri dibedakan setelah urutan langkah 1.d4 d5 2.c4:
2.... dxc4 (Gambit Menteri Diterima) 
2.... Nc6 (Pertahanan Chigorin)
2.... c5 (Pertahanan Simetris)
2.... c6 (Pertahanan Slavia)
2.... e5 (Countergambit Albin)
2.... e6 (Gambit Menteri Ditolak) 
2.... Bf5!? (Pertahanan Baltic)
2.... Nf6?! (Pertahanan Marshall)
2.... g6 (Variasi Alekhine)

Secara teknis, apapun jawaban Hitam selain 2.... dxc4 (atau jalur lain yang diawali ... dxc4 yang mengubah urutan dalam Gambit Menteri Diterima) adalah Gambit Menteri Ditolak, tetapi Pertahanan Slavia, Pertahanan Chigorin, dan Countergambit Albin umumnya diperlakukan secara terpisah. Kenyataannya ada begitu banyak jalur Gambit Menteri Ditolak setelah 2.... e6 yang memiliki ciri khas sehingga cukup menjaminnya untuk diperlakukan secara terpisah. Pertahanan Ortodoks dan Pertahanan Tarrasch adalah dua contoh yang penting. 

Berikut ini langkah-langkah dari tiap jenis Pembukaan Gambit Menteri dan game-game yang telah dimainkan (dalam bentuk PGN) yang dapat Anda unduh.


Game-game Pembukaan Gambit Menteri, Jalur Utama (6510 game)


Game-game Pertahanan Chigorin (4063 game)


Game-game Pertahanan Simetris dan Pertahanan Baltic (1977 game)

-->

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...