Jumat, 28 September 2012

Apa yang Diperlukan untuk Menjadi Master Catur?


Satu: Apa yang terpenting?

Perbedaan terbesar antara Anda dan master bukanlah pengetahuannya yang lebih dalam tentang pembukaan. Bukan pula kecakapannya dalam permainan akhir. Bukan pula kemampuannya dalam perhitungan yang lebih jauh. Perbedaan terbesar itu adalah bahwa dia tahu apa yang dia inginkan.
Ini bukan tentang skakmat. Kita semua menginginkan hal itu, tetapi mat biasanya terjadi sesudah 20, 40, bahkan 60 langkah ke depan dari posisi yang sedang Anda lihat. Seorang master menatap papan dan mengetahui jenis posisi apa yang ingin dia mainkan dua atau tiga langkah ke depan.
Hal itu sulit dilakukan oleh non-master karena dalam posisi apapun ada begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan: perhitungan materi, penilaian tentang keamanan Raja, pertimbangan tentang petak lemah, Gajah yang baik dan buruk, pos-pos untuk Kuda, dan sebagainya.
Seorang master memahami posisi apa yang ingin dia mainkan selanjutnya karena dia dapat memisahkan satu atau dua faktor yang paling penting: Dia tahu apa yang paling penting.



Dua: Kebiasaan

Catur yang baik berasal dari kebiasaan yang baik. Lompatan untuk menjadi master memerlukan tindakan: mengambil sesuatu yang Anda tahu bersifat baik dan mengubahnya menjadi kebiasaan.
Anda sudah memiliki beberapa kebiasaan baik. Anda mungkin tidak menyadarinya tetapi Anda lakukan. Misalnya, ketika Anda diberitahu bahwa segera setelah lawan membuat langkah maka Anda perhatikan apakah lawan membuat ancaman. Pada awalnya Anda harus membuat usaha sadar untuk melakukan hal ini, tetapi setelah sekian lama Anda akan melakukannya secara otomatis. Ini sudah menjadi kebiasaan.
Anda sudah tahu beberapa, mungkin sebagian besar, ciri-ciri dari kebiasaan para master. Tapi Anda mungkin tidak menganggap hal itu seserius yang master lakukan – mungkin karena hal itu tampak sangat sederhana. 
Misalnya: seorang master selalu mencari sasaran.
Cara termudah untuk menemukan langkah terbaik dalam posisi yang khas adalah memperhatikan perwira dan bidak yang dapat diserang. Barangkali Anda dapat menyerangnya pada langkah berikutnya atau pada langkah berikutnya lagi atau bahkan pada suatu saat nanti.



Tiga: Taktik kecil

Anda tahu tentang taktik, yaitu langkah menentukan yang Anda gunakan dalam memutuskan sebagian besar permainan Anda. Sebagian besar langkah lainnya mungkin tampak sekedar mengisi kertas pencatat langkah Anda, berlalu begitu saja hingga Anda dapat memaku Menteri, menusuk sate Benteng atau menggarpu dua perwira.
Master menggunakan taktik dengan cara yang berbeda. Tentu, banyak dari permainannya berakhir dengan cara seperti yang Anda lakukan, ketika lawannya tidak dapat menemukan ancaman taktis, tetapi untuk mencapai titik itu master membangun posisi, biasanya perlahan hingga akhirnya membesar.
Untuk melakukan itu master menggunakan dua jenis langkah yang sangat jarang digunakan oleh amatir. Salah satunya adalah menciptakan langkah paksa dan membangun posisi. Artinya, suatu langkah mendapatkan kekuatan (energi) dari taktik. Biasanya berupa ancaman sederhana untuk memenangi sesuatu, tetapi tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan peluang yang lebih baik dengan cara posisional, misalnya dengan memperbaiki penempatan Gajah atau Kuda atau melemahkan bidak lawan atau memaksa pertukaran terhadap perwira lawan yang kuat.
Ini adalah 'taktik kecil'. Langkah yang dibuat itu tampaknya kecil, perubahan yang hampir sepele dalam posisi, berbeda dengan 'taktik besar', tetapi dengan itulah dapat memenangi permainan. 



Empat: Kelebihan

Pada acara peringatan setelah meninggalnya Bobby Fischer tahun 2008, master Filipina Renato Naranja teringat ketika mereka berdua bersaing dalam turnamen antarwilayah pada tahun 1970. Suatu hari, setelah Naranja berhasil imbang melawan grandmaster Soviet yang jauh lebih kuat, Fischer berkata kepada pemain Filipina bahwa dia memiliki kedudukan yang lebih baik dalam permainan akhir.
“Ya, aku tahu” jawab Naranja, “tapi aku tidak bisa melihat cara untuk menang”. Fischer berkata bahwa tidak ada alasan untuk menerima hasil imbang. “Bila Anda tahu bahwa Anda memiliki kelebihan, terus saja Anda bermain” katanya. "Anda punya dua Gajah" kata Fischer, "langkahkan saja ke sisi lain."
Inilah perbedaan utama antara master dan amatir. Master ingin menjangkau lebih jauh dari posisi yang dihadapi. Mereka mencoba untuk menang – dan mencari cara untuk menang – dari posisi yang tampaknya tidak mungkin dapat dimenanginya.



Lima: Rasa

Kebanyakan amatir percaya bahwa menjadi seorang master semuanya berarti tentang apa yang Anda ketahui. Master mengetahui informasi lebih teknis, seperti analisis pembukaan yang luas, permainan akhir yang tepat, dan sejenisnya.
Itulah alasan. Anda dapat mengatakan, "Kalau saja aku punya waktu untuk belajar dan mencerna sejumlah informasi secara lengkap, aku akan menjadi master juga. Aku tahu apa yang master tahu", tetapi master juga memiliki keunggulan atas Anda yang disebabkan oleh apa yang dia rasa. Itu jauh lebih sulit untuk didapatkan.
Misalnya, master memiliki rasa yang lebih baik terhadap bahaya. Dalam menghadapi permainan yang serentak (simultan) master dengan cepat akan membuat ruang dalam satu permainan saat dia pindah ke papan berikutnya. Ini bukan disebabkan oleh apa yang dia tahu atau apa yang dia hitung. Ini hanya rasa bahwa sekarang waktu yang tepat untuk memainkan h2-h3, misalnya.



Enam: Kemampuan untuk menang

Setiap pemain berpengalaman dapat mengetahui kapan ia memiliki keuntungan, terutama keuntungan besar. Master tahu kapan keuntungannya cukup besar. Cukup untuk menang. 
Ketika posisi itu baik, master tahu bahwa dia tidak harus mencari rencana yang rumit atau menghitung variasi yang mengandung risiko. Dia harus bisa menang dengan langkah relatif sederhana, terutama satu langkah dan dua langkah ancaman, dan tindakan pencegahan sederhana untuk menangkal serangan balik.



Tujuh: Yang lebih mudah

Anda seringkali membaca catatan permainan yang mengatakan Hitam 'memiliki posisi yang sulit'. Kesan ini seperti yang anotator katakan 'Hitam lebih buruk'. Atau mungkin itu berarti 'Hitam jauh lebih buruk'. Atau bahkan 'Hitam mungkin akan benar-benar kalah, tetapi komputer saya tidak dapat menemukan kemenangan kuat untuk Putih'.
Pemain berpengalaman tahu bahwa 'sulit' bisa dipahami secara harfiah. Beberapa posisi menunjukkan lebih sulit dimainkan daripada yang lain: lebih sulit untuk menemukan langkah terbaik, atau bahkan langkah yang baik.
Posisi lain relatif mudah untuk dimainkan. Hal itu membuatnya lebih menarik dimainkan oleh seorang master, meskipun komputer mungkin menilainya sebagai sedikit lebih rendah dari alternatif yang sulit.
Mesin harus objektif, tetapi Anda bukan mesin dan Anda boleh subjektif jika hal itu menjadikannya praktis/bermanfaat. Master mengarahkan langkahnya ke dalam posisi yang 'mudah' sepanjang waktu. Bahkan master terkuat pun melakukan hal itu. Setelah 15 langkah dalam Permainan Scotch di Nanjing 2009, Magnus Carlsen menyerahkan bidak tetapi memiliki dua Gajah dan ruang lebih daripada lawannya, Peter Leko. Carlsen mengakui kemudian bahwa dia tidak mendapatkan keuntungan, tetapi "jauh lebih mudah untuk bermain", katanya dan itu sudah cukup baginya. Dia menang.



Delapan: Imbalan (Kompensasi)

Keunggulan seorang master dalam menilai posisi, yang paling menonjol, adalah dalam hal kompensasi. Dia tahu kompensasi itu ketika dia melihatnya.
Pada saat mempertimbangkan pengorbanan, master akan melihat cukup dua langkah ke depan. Saat itulah dia bisa menyimpulkan untuk menerima barang berharga sebagai imbalan atas materi yang dia serahkan. "Ini harus sehat", dia mungkin berkata demikian pada dirinya sendiri. Di situlah dia akan menghentikan perhitungan.
Non-master tidak bisa melakukan itu. Dia biasanya memiliki keraguan tentang apakah pengorbanan itu berharga, kurang berharga – atau blunder yang akan merenggut permainannya. Dia merasa harus melihat lebih jauh, mungkin empat, lima atau lebih langkah ke depan, berharap menemukan kejelasan tentang kesehatan imbalan itu.



Sembilan: Pengetahuan

Ada kesenjangan informasi yang memisahkan master dari pemain lainnya, tetapi informasi ini tidaklah sulit dipahami, hal teknis saja, seperti langkah ke-17 terbaik dalam Sisilia Najdorf dan cara remis Benteng melawan Benteng + Gajah.
Yang paling berharga untuk diketahui – cara yang master miliki dan amatir tidak – adalah kepedulian terhadap perencanaan permainan tengah dan susunan bidak. Seorang master tahu seperti apa susunan yang baik, cara memanfaatkannya, kapan dan cara untuk mengubah susunan yang dapat diperbaiki.


Sumber:



-->

1 komentar:

  1. kunjungi http://ebook-chess.blogspot.com/2014/01/download-ebook-catur-gratis.html

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...