Kamis, 20 September 2012

Istilah dalam Catur #1


Menerima (Accept)
Menangkap materi yang dikorbankan dan mempertahankannya, setidaknya untuk sementara.

Aktif (Active)
Gagasan atau langkah dalam menindaklanjuti perencanaan, atau buah yang ditempatkan dengan baik untuk penyerangan.

Keuntungan (Advantage)
Beberapa aspek posisi yang menjadi alasan pemain dalam memenuhi tujuan untuk kemenangan.

Notasi aljabar (Algebraic notation)
Bentuk modern dalam menuliskan langkah catur. Pada banyak negara telah menjadi standar untuk waktu yang lama, meskipun di negara-negara berbahasa Inggris dan Spanyol hanya mengambil alih notasi deskriptif lama dalam dua dekade terakhir.

Analisis (Analysis)
Sebuah proses ketika seorang pemain catur mempertimbangkan langkah paling logis dalam suatu posisi, jawaban terbaik untuknya, dll, sehingga membentuk sebuah "pohon" variasi yang mungkin dari posisi awal. Perhatikan bahwa pemilihan langkah dalam menganalisis sebagian besar didasarkan pada intuisi. Juga mengacu pada variasi yang dihasilkan oleh proses analisis.

Mesin analisis (Analytical engine)
Sebuah modul komputer yang mengambil posisi catur sebagai masukan dan menganalisis kemungkinan jalur permainan dari posisi itu, juga menyediakan hasil penilaian numerik terhadap posisi dan jalur terbaik dari permainan.

Anotasi (Annotation)
Tanggapan tentang langkah atau posisi dalam permainan catur, mendiskusikan kemungkinan alternatif, rencana untuk kedua belah pihak, menjelaskan metode langkah yang mungkin diputuskan, atau apa pun yang penulis rasa tepat untuk disebutkan terhadap hal tersebut.

Penilaian (Assessment)
Perasaan seorang pemain tentang siapa yang memiliki keuntungan dalam posisi dan mengapa. Penilaian awal sebagian besar bersifat intuitif, tetapi analisis selanjutnya memperhalus penilaian tersebut, tetapi masih berdasarkan pada penilaian intuitif pemain pada akhir variasi yang dia analisis. Blumenfeld menulis dengan fasih tentang aspek intuitif:
"Penilaian ini terkait dengan persepsi posisi dan merupakan tindakan fundamental bawah sadar dalam arti sebagai kaitan perantara untuk mencukupi, jika tidak keseluruhannya, segala sesuatu yang tidak bekerja melalui kesadaran."

Menyerang (Attack)
Sebuah tindakan terpadu oleh satu pemain yang bertujuan untuk membobolkan pertahanan lawan. Ini juga digunakan untuk merujuk kepada salah satu dari dua jenis variasi pembukaan yang dimainkan (umumnya) oleh Putih: sistem yang meluncurkan serangan langsung, atau bersangkutan dengan sistem yang lebih sering dimainkan oleh Hitam, misalnya Serangan India Raja dengan ciri Putih menempatkan buah-buahnya dalam banyak cara yang sama dengan yang Hitam lakukan dalam Pertahanan lndia Raja.

Mat baris-belakang (Back-ranker)
Sebuah gagasan skakmat sederhana ketika Benteng atau Menteri melakukan skak terhadap Raja sepanjang baris pertama dengan berkat keberadaan deretan bidak sepanjang baris kedua. Pada pertandingan antarpemula agak jarang terjadi permainan berakhir dengan cara ini, tetapi gagasannya tetap relevan pada semua tingkatan.

Perhatikan contoh yang sangat terkenal ini (O.Bernstein-Capablanca, Moskow 1914-WGG 13), ketika ternyata posisi Capablanca ini didukung oleh gagasan baris-belakang. Bidak Hitam tidak terlihat bagus, namun para perwiranya memberikan dukungan yang baik. Karena beberapa hal taktis, Hitam memiliki permainan yang baik, namun Bernstein masih berusaha untuk memanfaatkan kelemahan bidak tersebut.


Sumber:



-->

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...