Sabtu, 22 September 2012

Istilah dalam Catur #2


Bidak belakang (Backward pawn)
Bidak yang, meskipun tidak terasing, tidak dapat didukung oleh salah satu bidak terdekatnya karena mereka telah lebih dulu maju. Jika bidak belakang sulit untuk maju, maka mungkin akan berubah menjadi kelemahan.

Gajah buruk (Bad bishop)
Gajah yang terhalang oleh bidak sehingga tetap menempati petak-petak yang sama dalam langkahnya. Bukan berarti perwira yang tidak efektif, jika Gajah itu dapat menemukan beberapa petak yang baik. Dengan pemikiran ini, Peter Wells membuat istilah-istilah yang membantu: Gajah baik yang “buruk”, Gajah baik yang "baik", Gajah buruk yang "baik", dan Gajah buruk yang "buruk". Kata sifat pertama mengacu pada keefektifannya, sedangkan yang kedua mengacu pada pemaparan secara resmi berdasarkan susunan bidak. 

Barry
Istilah tertentu yang kadang-kadang digunakan oleh pemain catur untuk merujuk pada serangan yang tidak sehat tapi berbahaya.

Baterai (Battery)
Situasi ketika seorang pemain mempersiapkan ancaman kuat yang tersembunyi. Perhatikan posisi berikut:

Sekarang 1.Qd3 membuat baterai pada diagonal b1-h7. Jika Kuda di e4 lenyap, Putih akan memiliki ancaman Qxh7#, jadi Hitam harus berhati-hati untuk tidak membiarkan Kuda ini pindah dengan memberikan dampak buruk. Ancaman utama adalah 2.Nc5 dan 2.Nd6, mengincar perwira. 1...g6 direlakan untuk mengurangi tekanan, meskipun diikuti 2.Bh6.

Ikatan (Bind)
Situasi yang bertujuan untuk mencegah lawan melakukan rencana aktif, atau membuat kerusakan pada posisi bidak yang baik. Gagasan ini kemudian secara bertahap berguna untuk meningkatkan tekanan. Juga merupakan nama untuk sistem pembukaan yang bertujuan untuk mengerahkan ikatan, misalnya Ikatan Maroczy.

Sepasang Gajah (Bishop pair)
Dalam posisi terbuka seringkali menguntungkan secara nyata dengan memiliki dua Gajah terhadap beberapa kombinasi lain dari dua perwira rendah. Hal ini karena kelemahan utama satu Gajah yang hanya dapat beroperasi pada satu warna petak dapat beroperasi bersama-sama dengan Gajah kedua yang dapat mencapai petak yang tidak dapat diaksesnya, Anda memiliki tim yang kuat. Namun ide itu tidak harus berlebihan, karena dalam banyak posisi Gajah tidak lebih baik dari Kuda, atau bahkan mungkin relatif kaku. Satu ide utama yang dapat digunakan ketika bermain dengan sepasang Gajah melawan Gajah dan Kuda adalah menempatkan bidak pada petak yang berwarna sama dengan Gajah lawan. Hal ini untuk membatasi ruang lingkup Gajah lawan dan jika terjadi pertukaran Gajah, maka akan menghasilkan Gajah yang baik.

Blokade (Blockade)
Menempatkan buah di depan bidak untuk mencegahnya maju lebih jauh. Konsep blokade adalah bagian penting yang diajarkan Nimzowitsch dalam permainan catur posisional, seperti yang diuraikan panjang lebar dalam bukunya yang terkenal My Sistem.

Posisi tersumbat (Blocked position)
Sebuah posisi ketika terdapat banyak bidak menyumbat/menghalangi satu sama lain.

Kesalahan besar (Blunder)
Sebuah langkah membahayakan yang mengubah posisi yang wajar menjadi kekalahan, atau membuang keuntungan besar. 

Pemeriksaan blunder (Blundercheck)
Sebuah fitur analisis secara mendalam yang tersedia pada Chessbase Fritz GUI (juga digunakan oleh setiap mesin yang kompatibel). Mengkaji anotasi permainan yang disediakan di dalamnya atau satuan yang dianalisis. Dengan demikian dapat ditemukan ide-ide dan taktik yang lebih dalam untuk dimanfaatkan dalam analisis normal.

Buku “pintar” (Book)
Istilah dalam komputasi catur berupa kumpulan jalur pembukaan yang dengannya komputer mencari dan menemukan langkah dalam permainan daripada menemukan hasil analisis posisi. Biasanya struktur data berupa pohon posisi, dengan bobot berdasarkan pada gagasan penulis buku tentang apa yang cocok untuk mesin, juga hasil permainan (oleh manusia dan/atau komputer).

Terobosan (Breakthrough)
Suatu cara, yang sering membutuhkan pengorbanan, untuk mencapai kemajuan dalam melalui tembok pertahanan lawan. Pengorbanan tersebut dapat berupa pengorbanan perwira terhadap beberapa bidak atau pengorbanan bidak pada jalur pembukaan.

Kecemerlangan (Brilliancy)
Permainan catur yang menarik, menampilkan pengorbanan dan seranganyang gencar. Dalam beberapa turnamen terdapat hadiah khusus untuk permainan yang cemerlang. Perhatikan bahwa ini tidak sama dengan hadiah untuk permainan terbaik, yang diberikan untuk permainan yang akurat dan setidaknya dapat diterima oleh pihak yang kalah, jika permainan tidak imbang. Kecemerlangan mungkin mengandung banyak kesalahan, tetapi memuat langkah dan ide-ide yang menakjubkan.

Sumber:



-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...