Senin, 24 September 2012

Istilah dalam Catur #3


Perhitungan (Calculation)
Salah satu aspek kunci dari analisis posisi catur. Hal ini berpadu dengan intuisi dan menyangkut penemuan kemungkinan urutan langkah dari posisi yang sedang dihadapi untuk menjangkau langkah-langkah lainnya dengan menggunakan penilaian.

Rokade (Castling)
Sebuah langkah khusus dalam catur yang melibatkan Raja dan Benteng dengan warna yang sama. Seringkali langkah ini sangat berguna agar Raja menjauhi pusat dan membawa Benteng aktif dalam permainan. Namun kita harus berhati-hati untuk tidak melakukan rokade ke arah serangan lawan, atau tidak melakukan rokade terlalu dini, karena dapat memperjelas pilihan rencana untuk lawan.

CC
Kependekan dari korespondensi catur (Chess Correspondence).

Pemusatan (Centralization)
Karena perwira umumnya paling efektif dan mudah/bebas bergerak ketika ditempatkan di tengah papan, maka keputusan yang bijaksana untuk mengerahkan pasukan ke pusat. Hal ini dikenal sebagai pemusatan (sentralisasi). Seringkali dan agak paradoks bahwa terhadap pemain yang baru mengenal catur, cara terbaik untuk memukul mundur serangan pada sayap adalah dengan pemusatan, sehingga dapat memotong jalur komunikasi (yang diperlukan untuk keberhasilan serangan).

Pusat (Centre)
Petak di tengah-tengah papan (d4, e4, d5, dan e5) yang menjadi medan pertempuran strategis utama, terutama di bagian awal permainan. Namun perlu diketahui bahwa kata "pusat" kadang digunakan juga dalam cara lain. Misalnya, ketika seseorang mengatakan “Raja terjebak di tengah", umumnya berarti bahwa Raja tidak dapat rokade dan berada pada petak di dekat petak awalnya, dan bukan berarti Raja sedang diburu di tengah-papan.

Skakmat (Checkmate)
Tujuan utama dalam permainan catur, yaitu Raja lawan diskak (terancam penangkapan) dan tidak punya cara untuk melarikan diri. Skakmat segera mengakhiri pertandingan, tetapi Raja tersebut sesungguhnya tidak benar-benar ditangkap.

Chess Assistant
Program basis data catur Rusia yang cukup modis dalam pertengahan 1990-an. Meskipun kurang canggih dibandingkan produk saingan utamanya, ChessBase, tetapi lebih murah dan memiliki indeksasi yang kuat dan fasilitas yang memungkinkan pencarian data yang diinginkan dapat ditemukan dengan cepat, bahkan pada komputer yang relatif lambat.

ChessBase
Program basis data catur yang populer. Berkembang dari sebuah program kecil yang ditulis oleh Matthias Wullenweber untuk dijalankan pada komputer Atari sementara dia berada di universitas Edinburg, perangkat belajar catur serbaguna dengan puluhan ribu pengguna di seluruh dunia. ChessBase berbasis di Hamburg. Wullenweber bekerjasama dengan Mathias Feist (yang mengerjakan tugas pemrograman lain, yaitu mengubah ChessBase untuk program/platform komputer yang berbeda, terutama Windows), Frederic Friedel (yang menjalankan situs berita ChessBase, seorang tokoh terkenal dalam dunia catur), dan Gisbert Jacoby (sebagai editor ChessBase Magazine, majalah elektronik catur pertama). Garry Kasparov mendukung ChessBase pada tahun 1987, setelah menggunakannya untuk mempersiapkan permainannya, terutama pertandingan simultan melawan tim catur kuat di Hamburg pada Februari 1987, yang pernah mengalahkannya dalam pertandingan serupa di akhir tahun 1985. Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa ChessBase telah mengubah secara drastis para pemain catur profesional dalam belajar dan mempersiapkan diri untuk permainannya.

Klasikal (Classical)
Pemikiran pada sekolah catur yang menetapkan bahwa sangat penting untuk menduduki pusat. Bandingkan dengan hipermodern - pandangan modern yang menyatakan bahwa pemikiran tersebut tidak sepenuhnya benar atau salah dan bahwa pendekatan yang fleksibel terhadap pusat sangat penting.

Penyederhanaan (Clearance)
Cara yang dilakukan dengan pertukaran, pengorbanan, atau hanya melangkahkan buah, yang bertujuan membuka jalur untuk kepentingan buah lainnya.

Permainan Tertutup (Closed Games)
Istilah umum untuk semua pembukaan, selain Pertahanan lndia, yang dimulai dengan 1.d4. Sangat banyak, yang paling penting adalah Gambit Menteri, 1.d4 d5 2.c4. Perhatikan bahwa permainan tertutup sama sekali tidak selalu mengarah pada posisi tertutup.

Posisi tertutup (Closed position)
Posisi ketika terdapat banyak bidak yang menghalangi pergerakan perwira.

Kombinasi (Combination)
Rangkaian langkah paksa yang memberi keuntungan pada pemain yang melakukannya.

Kompensasi (Compensation)
Keuntungan strategi atau taktis, baik jangka pendek maupun jangka panjang, atas materi yang ditawarkan.

Sumber:


 -->

-->

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...