Kamis, 13 September 2012

Prinsip Permainan Akhir #1

Apa prinsip umum yang paling penting dalam permainan akhir?
Ada 12 prinsip umum yang sangat penting untuk setiap permainan akhir. Kata "prinsip" sengaja dipilih yang berarti berjuang untuk tujuan yang menguntungkan. Ini membutuhkan pemikiran serta perhatian karena beberapa manuver taktis tak terduga bukanlah serangan balik terhadap tujuan strategis. Untuk alasan inilah maka tidak digunakan istilah "aturan umum" karena kata "aturan" sering berkonotasi sesuatu yang dipatuhi yang menjamin segala sesuatunya berakibat baik-baik saja. Dalam catur tidak mesti begitu dan tidak ada pengganti untuk berpikir secara bebas.
Kekuatan permainan akhir sebagai akibat dari variasi pembukaan dan permainan tengah selalu penting untuk diingat. Tapi ini tidak boleh berlebihan. Kekhawatiran tentang permainan akhir terjadi hanya setelah tidak ada sisa kekhawatiran dari pembukaan dan permainan tengah. Jika tidak, permainan mungkin akan kalah sebelum permainan akhir tercapai. 


Prinsip 1: Raja adalah buah pejuang yang harus terpusat dan digunakan secara aktif.

Dalam pembukaan dan permainan tengah Raja memang lemah sehingga harus dilindungi dan terlindungi. Dalam permainan akhir yang terjadi adalah sebaliknya: Raja menjadi buah penyerang utama. Dalam banyak permainan akhir faktor yang menentukan adalah posisi Raja yang "lebih baik". Secara umum, Raja harus terpusat sehingga bisa melangkah dengan cepat ke mana pun dalam kancah utama: sayap menteri, pusat atau sayap raja.
Sebuah contoh dasar faktor penentu dari Raja yang lebih baik ditunjukkan pada diagram berikut. Susunan bidak benar-benar simetris, namun Putih menembus sayap menteri Hitam dan menang mudah setelah nc5, dll.


Keberadaan materi tambahan (misalnya Kuda Putih di f3 dan Kuda Hitam di f6) akan menjadi tidak penting: Putih masih menang mudah.

Sumber:
 
-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...