Sabtu, 15 September 2012

Prinsip Permainan Akhir #6


Prinsip 8: Bidak luar yang bebas merupakan keuntungan. 
                  Dalam permainan akhir Raja + bidak biasanya merupakan keuntungan yang 
                  menentukan.

Keuntungan dari bidak bebas-luar adalah dia akan mengikat kekuatan lawan terhadap satu sisi papan dan dengan demikian membuka sisi lainnya untuk penyerbuan. Dalam permainan akhir Raja + bidak biasanya ini menentukan. Pentingnya prinsip ini terulang dalam permainan praktis seperti yang ditunjukkan oleh Evans-Reshevsky, US Championship 1969, di mana posisi yang ditampilkan dalam diagram tercapai setelah langkah ke-34 Putih.

Jelas Hitam dapat memainkan 34...Lxd4 dan menjadikan bidak terdepan dalam permainan akhir Raja + bidak yang menjanjikan. Tetapi ada sesuatu yang lebih baik! Menyadari kekuatan bidak bebas-luar dalam permainan akhir Raja + bidak, dia memasuki permainan akhir bahkan dengan materi berlebih dan menang lebih cepat dengan memaksa:



dan Hitam menang dengan mudah.


Prinsip 9: Benteng harus berada di belakang bidak bebas.

Hal ini berlaku pada kedua pihak, yang kuat maupun lemah, dan selalu berlaku pada permainan akhir Benteng + bidak. Posisi model ditunjukkan dalam diagram. 

Putih yang giliran melangkah melanjutkan dengan lb2 dan Hitam lebih dulu harus menghentikan bidak itu dengan ... Le6 dan ... Lb6. Namun, jika Hitam giliran melangkah maka dia memainkan ... Lb3, Putih harus melanjutkan dengan lc4, dan jelas ia akan memiliki kesulitan besar dalam memajukan bidak bebasnya. Tujuan prinsip ini adalah untuk membuat Benteng kita aktif sambil menjaga agar Benteng lawan sepasif mungkin.

Sumber:
 
-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...