Sabtu, 04 Mei 2013

101 Prinsip Dasar Bermain Catur #3

11.       Usahakan untuk mencegah lawan rokade
Jika lawan menunda-nunda rokade, usahakan agar Raja lawan tertahan lebih lama pada posisi awalnya.
Salah satu cara yang paling umum dilakukan adalah mengendalikan petak yang dilintasi Raja pada saat rokade (yaitu petak f1 atau g1 pada Putih, petak f8 atau g8 pada Hitam).
Sering kali pula diperlukan pengorbanan bidak untuk menjaga agar Raja tetap di tengah.







12.     Kuasai wilayah seluas mungkin
Pemain yang memiliki keunggulan ruang memungkinkan pergerakan yang lebih leluasa untuk para perwiranya, sehingga mereka dapat berpindah dari satu sisi ke sisi lain dengan lebih luwes (fleksibel).
Sebaliknya, pemain dalam posisi ruang yang lebih terbatas akan menemui kesulitan dalam melakukan manuver (gerakan tangkas dan cepat) dari para perwiranya, yang mungkin akan berakibat fatal ketika mereka diminta untuk membela Rajanya.







13.     Majukan bidak untuk menguasai ruang
Meskipun memajukan bidak adalah sumber utama untuk membatasi posisi lawan, namun harus dipertimbangkan dengan hati-hati karena bidak yang telah jauh dari posisi awalnya lebih sulit untuk dibela.
Selanjutnya, setiap perkembangan posisi yang dibangun oleh bidak menciptakan kelemahan pada petak yang berdekatan, yang dapat ditempati oleh perwira lawan.








14.     Bidak yang sudah maju lebih sulit untuk dilindungi
Bidak lemah adalah bidak yang tidak dapat dibela oleh bidak lain, sehingga harus dibela oleh perwira, ketika berada di bawah serangan.
Perwira tersebut menjadi kurang efektif karena perannya harus bertahan (defensif), sedangkan perwira lawan berperan aktif.









15. Tempatkan bidak Anda di pusat
Pusat papan catur terdiri dari petak e4, e5, d4, dan d5. Perluasan pusat adalah daerah persegi panjang yang meliputi petak yang membentuk c3, c6, f3, dan f6.
Bidak adalah buah terbaik untuk menduduki pusat karena, berbeda dari para perwira, bidak tidak rentan oleh serangan bidak lawan.












Bersambung ....
Adjie Gumarang Pujakelana, 2013


-->

1 komentar:

  1. numpang share pak, mohon juga berbagai type pertahanan yang terkenal seperti sicilia

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...