Selasa, 07 Mei 2013

101 Prinsip Dasar Bermain Catur #9


41.       Upayakan Gajah Anda tetap aktif
Keaktifan Gajah sebagian besar bergantung pada penempatan bidak-bidak pendukungnya.
Gajah yang tidak terhalang oleh bidaknya sendiri adalah Gajah yang baik dan Gajah yang terbatasi oleh bidaknya sendiri adalah Gajah yang buruk.










42.     Upayakan bidak Anda berada pada petak sewarna dengan petak Gajah lawan
Ketika lawan hanya memiliki satu Gajah, Anda harus menempatkan bidak Anda pada petak yang berwarna sama dengan warna petak yang ditempati oleh Gajah lawan.
Namun, jika Anda hanya memiliki satu Gajah, maka warna petak bidak Anda tidak harus sama dengan warna petak Gajah Anda, baik lawan memiliki hanya satu Gajah atau pun tidak.










43.     Gajah bernilai lebih dari Kuda dalam posisi terbuka
Gajah harus memiliki diagonal untuk beroperasi agar lebih efektif, sehingga semakin sedikit bidak di atas papan maka Gajah semakin efektif.
Dalam posisi terbuka - ketika diagonal tidak terhalang oleh bidak - Gajah dapat menyerang sayap Raja dan pada saat yang sama dapat melindungi sayapnya sendiri dari serangan Menteri.
Di sisi lain, Kuda bisa bermanuver hanya pada satu sisi karena keterbatasan mobilitasnya.






44.     Kuda bernilai lebih dari Gajah dalam posisi tertutup
Karena kemampuannya dalam melompati buah lain, Kuda berpenampilan lebih baik dibandingkan Gajah dalam posisi rantai bidak yang rapat.












45.     Kuda memerlukan pos-pos luar (outposts)
Pos luar adalah petak, biasanya pada baris ke-5 dan ke-6, yang berada di bawah perlindungan bidak dan tidak diserang oleh bidak lawan.
Jika Kuda menduduki pos luar maka akan memberikan banyak tekanan terhadap pangkalan (camp) lawan dan juga mendukung perkembangan serangan sayap.












Bersambung ....
Adjie Gumarang Pujakelana, 2013


-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...