Senin, 06 Mei 2013

101 Prinsip Dasar Bermain Catur #8


36.       Bila memungkinkan, tempatkan Benteng Anda pada baris ke-7 atau ke-8
Keberadaan Benteng pada baris ke-7 merupakan suatu keuntungan, bukan hanya karena membahayakan bidak lawan tetapi juga karena membatasi Raja lawan dan menciptakan berbagai kemungkinan mat.











37.     Benteng ganda pada baris ke-7
Dua Benteng yang menduduki baris ke-7 adalah senjata yang sangat berbahaya, karena lawan menjadi terhukum dalam kepasifan yang sempurna.
Sejumlah besar tekanan pada pangkalan bidak dan banyak kemungkinan tema taktis, hampir selalu membawa keuntungan ini menjadi kemenangan.









38.     Tidak selalu bidak harus dipromosikan menjadi Menteri
Dalam permainan para amatir, promosi otomatis bidak menjadi Menteri seringkali mengakibatkan terjadinya kebuntuan (stalemate) dan berakhir remis.
Berhati-hatilah dalam mempertimbangkan perwira mana yang paling tepat untuk keadaan tertentu.










39.     Upayakan Kuda Anda dekat dengan pusat
Kuda, melebihi perwira lain, harus dekat dengan pusat papan catur.
Pertama, karena dari pusat Kuda dapat mengendalikan 8 petak, sedangkan dari tepi papan hanya mengendalikan 4 petak.
Kedua, karena untuk berpindah dari satu sisi ke sisi lain papan Kuda memerlukan 4 langkah sedangkan dari pusat ke salah satu sisi papan dibutuhkan hanya 2 langkah saja.







40.     Benteng harus segera menempati lajur terbuka atau setengah terbuka
Selama pembukaan, Benteng adalah perwira terakhir yang dikembangkan karena Benteng akan efektif ketika berada pada lajur terbuka atau setengah terbuka.
Biasanya, petak ideal untuk ditempati Benteng adalah e1, d1, dan c1 (e8, d8, dan c8 untuk Hitam), karena dari posisi ini Benteng dapat memberikan tekanan terhadap pusat dan membela baris belakang secara bersamaan.
Benteng mungkin, bagaimanapun, menjadi pertahanan yang efektif ketika ditempatkan pada lajur ke-2 dan masih beroperasi agresif dalam lajur tersebut.







Bersambung ....
Adjie Gumarang Pujakelana, 2013


-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...